Pages

Wednesday, February 11, 2015

Synonim and Antonim Games



Game Latrut GAEC
Synonim and  Antonim Games

Game yang diberikan oleh kakak-kakak GAEC kali ini, disebut Synonim and  Antonim Games. Ya, sesuai namanya, kali ini kita diberi sebuah permainan yang akan berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kita dalam memperdalam ajaran sinonim dan antonim atau persamaan dan makna yang berlawanan dari sebuah kata.
Teknik atau cara bermain dalam game ini yaitu :
1.     Anggota ekskul ( Adik kelas ) akan dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok akan duduk dengan urutan tempat duduk yang berbeda. Contoh : kelompok yang pertama terletak di bangku kelompok kanan, sedangkan kelompok yang kedua akan duduk di bangku kelompok kiri.
2.     Permainan akan dilangsungkan dalam 4 tahap, yaitu 2 tahap permainan sinonim dan 2 tahap permainan antonim.
3.     Kedua kelompok akan diberikan sebuah kertas yang berisikan kosakata Bahasa Inggris. Contoh : Noble
4.     Kemudian diberikan waktu selama 15 detik untuk mengartikanc arti kosakata yang ada dalam kertas itu. Dalam menerjemahkan kosakata itu boleh menggunakan kamus offline maupun kamus online. Contoh : Noble = Mulia
5.     Setelah berhasil menerjemahkan kosakata tersebut, lalu dengan segera mencari pasangan yang sesuai dengan sinonim maupun dengan antonim kata itu, waktu yang diperlukan yaitu 15 detik. Contoh : Noble : August = Mulia
6.     Setelah berhasil mencari pasangan kata itu, kemudian kita diwajibkan untuk mengeja dan membacakan kosakata itu beserta pasangannya untuk menentukan kebenaran dari pasangan itu. Saat kita sedang membacakan kata tersebut kita dengan segera  harus menuilskan kata tersebut di dalam buku yang sudah ada untuk dihafalkan.
7.     Jika salah dalam menentukan pasangannya maka kita akan mendapat hukuman untuk menceritakan pengalaman serunya di depan kelas dengan menggunakan Bahasa Inggris.
8.     Bagi yang tidak mau menceritakan pengalamannya di depan kelas, kita harus menggantinya dengan membuat beberapa kalimat dari kata yang telah kita dapatkan tadi.

Demikian permainan sinonim dan antonim dalam ekskul GAEC ini, semoga permainan ini akan berguna bagikita semua...
Dan bagi yang sedang bingung untuk mencari game Bahasa Inggris untuk anak-anak, para siswa, maupun untuk anggota English Klub di sekolah kalian, tidak ada salahnya untuk mencoba permainan ini....
THANK YOU ...

0 comments:

Post a Comment

Silakan Komentar dengan Bijak dan Santun