Pages

Sunday, August 27, 2017

Contoh Tinjauan Pustaka Karya Tulis Ilmiah



TINJAUAN PUSTAKA

1.      Pengertian Sungai
Sungai adalah tempat-tempat dan wadah-wadah serta jaringan pengaliran air mulai dari mata air sampai muara dengan dibatasi kanan dan kirinya serta sepanjang pengalirannya oleh garis sempadan (Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 1991.)

2.      Wilayah Sungai
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, yang dimaksud wilayah sungai adalah kesatuan wilayah pengelolaan sumber daya air dalam satu atau lebih daerah aliran sungai dan/atau pulau-pulau kecil yang luasnya kurang dari atau sama dengan 2000 km2. Sungai mengalir dari hulu dengan kondisi kemiringan lahan yang curam berturut-turut menjadi agak curam, agak landai, dan relatif rata. Arus relatif cepat di daerah hulu dan bergerak menjadi lebih lambat dan makin lambat pada daerah hilir. Daerah sekitar sungai yang mensuplai air dikenal dengan daerah tangkapan air atau daerah penyangga. Kondisi suplai air dari daerah penyangga dipengaruhi aktifitas dan perilaku penghuninya (Wiwoho, 2005).

3.      Manfaat Sungai
Sungai sebagai sumber air merupakan salah satu sumber daya alam yang mempunyai fungsi serba guna bagi kehidupan dan penghidupan manusia. Manfaat sungai bagi manusia dan alam sekitarnya sangat terasa sekali. Setiap mahluk hayati niscaya membutuhkan air. Sungai diibaratkan urat nadi kehidupan alam, dan air diibaratkan darah yang mengaliri kehidupan.

0 comments:

Post a Comment

Silakan Komentar dengan Bijak dan Santun