Pages

Sunday, August 27, 2017

Contoh Metode Penelitian Karya Tulis Ilmiah



METODE PENELITIAN

A.    Tempat dan Waktu
  Penelitian dilakukan di daerah penulis di Desa Sumampir, RT 01/ RW 05, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada hari Sabtu tanggal 23 April 2016 pada pukul 16.00 WIB hingga selesai.

B.     Jenis Penelitian
        Penelitian yang penulis lakukan menggunakan metode observasi (pengamatan) dan metode wawancara kepada kepala Dusun V Desa Sumampir dan masyarakat Desa Sumampir.

C.    Teknik Pengumpulan Data
 Dalam pengumpulan karya tulis ilmiah ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data. Yaitu teknik observasi (pengamatan), berupa mengamati beberapa pipa yang digunakan untuk mengaliri air. Selain itu penulis juga menggunakan metode wawancara kepada Pak Bowo selaku Kepala Dusun V Desa Sumampir untuk mengetahui usaha pemerintah dan kendalanya dalam memberdayakan air sungai di Desa Sumampir. Disamping itu juga penulis menggunakan metode kuisioner yang ditujukan kepada 5 warga Desa Sumampir. Metode tersebut digunakan untuk mengetahui perbandingan pemberdayaan air sungai sebelum dan sesudah direalisasikan pemerintah.

D.     Teknis Analisis Data
  Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik kualitatif, dengan teknik ini diharapkan penulis akan lebih mantap dalam penelitian dan pembangunan dasar-dasar serta pengambilan hasil dan kesimpulan. Dan lebih mudah lagi bagi penulis untuk menjaga ketelitian dan ketepatan data yang diperoleh.

0 comments:

Post a Comment

Silakan Komentar dengan Bijak dan Santun