Pages

Sunday, August 27, 2017

Contoh Latar Belakang Makalah Permasalahan Air



 Latar Belakang Masalah
Manusia sebagai bagian dari ekosistem alamiah dan artifisal berusaha memenuhi kebutuhan hidup guna mempertahankan dominasi dan eksistensinya sebagai pemuncak utama rantai kehidupan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut, manusia selalu melakukan usaha eksplorasi dari eksploitasi sumber daya yang ada termasuk air. Dalam UU No. 7 Tahun 2004 tentang sumber daya air, sumber daya air merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam segala bidang.
Salah satu sumber daya air yang melimpah di Indonesia adalah sungai. Sungai adalah komponen utama dalam kehidupan terutama pada masyarakat pedesaan yang masih menggunakan sungai sebagai salah satu sumber air alternatif. Pada banyak daerah pedesaan tentunya teraliri aliran sungai yang biasa digunakan sebagai sumber air utama, karena kurangnya jumlah kebutuhan air yang dibutuhkan sehingga para warga dapat mengambil air dari sungai di tiap daerah mereka.
Namun tidak semua sungai di setiap desa itu dapat dimanfaatkan secara optimal. Salah satunya di Desa Sumampir, sungai yang ada di desa tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sumber air di sungai itu sangat melimpah, namun karena ketidakmampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada membuat di daerah tersebut kerap kesulitan air.
Banyak warga yang mengeluh akan hal tersebut, sehingga sebagian warga desa mengajukan permohonan kepada pemerintah agar memberikan solusi dalam memberdayakan air sungai yang melimpah sehingga masalah kesulitan air dapat segera terselesaikan.

0 comments:

Post a Comment

Silakan Komentar dengan Bijak dan Santun